Analisis Perancangan Sistem Informasi (APSI)
1. SISTEM INFORMASI
Data adalah deskripsi dari suatu kejaidan yang dihadapi, sedangkan informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. Setiap organisasi membutuhkan informasi sebagai sumber dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan. Untuk itu, sebuah informasi harus diatur dengan baik sehingga memudahkan bagi para penggunanya. Sistem informasi adalah Aplikasi komputer untuk mendukung kegiatan operasional dari suatu organisasi, sebelum membuat suatu sistem aplikasi komputer, terlebih dahulu dilakukan analisa dan perancangan sistem, analisis sistem berfungsi sebagai :
Ø Konsultan bisnis
Ø Men-support para ahli dalam bisnis
Ø Agen Perubahan
selain fungsi diatas, perancangan sistem juga harus beretika dengan user dan konsumennya.
2. SDLC (System Development Life Cycle)
SDLC (System Development Life Cycle) atau siklus hidup pengembangan sistem merupakan pendekatan sistem untuk menyelesaikan masalah bisnis, SDLC terdiri dari 7 (tujuh) fase dan setiap fasenya memiliki aktifitas yang unik.
Fase 1
a. Pengenalan
Ø Masalah
Dalam fase ini, analisis terlebih dahulu masalah yang muncul di perusahaan, apakah masalah yang ditimbulkan jika perusahaan masih menggunakan pembukuan secara manual/ menggunakan sistem manual. misalnya, dengan sistem manual laporan keuangan yang dihasilkan kurang akurat, dan kemungkinan terjadi kesalahan, selain itu kemungkinan terjadi keterlambatan dalam pelaporannya. dan masih banyak lagi masalah lainnya yang akan muncul di perusahaan.
Ø Kesempatan
Dengan adanya masalah tersebut diatas, programmer memiliki kesempatan untuk membuat sebuah aplikasi untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang muncul dari sistem manual tersebut.
Ø Tujuan
Tujuan dibuatnya sebuah aplikasi program atau aplikasi sistem informasi adalah untuk membantu mempermudah perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional sehari-harinya, selain itu untuk tujuan efisiensi dan efektifitas perusahaan, hemat waktu, tenaga dan uang.
b. Keterlibatan Personal
Ø Analisis sistem
Lakukan analisis sistem sebelum melakukan perancangan sistem informasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Ø Manajemen user
Tentukan siapa user yang akan menggunakan aplikasi sistem informasi tersebut.
Ø Manajemen sistem
Tentukan dan rancang manajemen seperti apa yang akan diterapkan jika perusahaan menggunakan aplikasi tersebut, bagaimana mengelola sistem aplikasi yang telah dibuat, dan bagaimana memelihara data dan mencegah terjadinya kesalahan serta bagaimana mencapai tujuan perusahaan dengan menggunakan aplikasi yang telah dibuat.
Fase 2
Dalam fase ini, perusahaan dan perancang sistem harus menentukan kebutuhan informasi perusahaan dan mengamati keterlibatan personal seperti; analisis sistem, manajemen user, pekerja operasi dan manajemen sistem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar